Pengaruh Jamu Dengan Tribulus Terrestris Terhadap Kualitas Sperma Tikus Wistar Jantan (Rattus norvegicus)

Jamu merupakan obat herbal tradisional yang telah digunakan selama berabad-abad oleh masyarakat Indonesia untuk menjaga kesehatan dan mengobati penyakit. Dari segi ekonomi, jamu

Tribulus terrestris

dapat dijangkau oleh semua kalangan masyarakat harganya relatif murah dibandingkan obat-obat modern. Salah satu perusahaan produsen jamu di Indonesia membuat produk jamu dengan kandungan Tribulus terrestris dan disebutkan bermanfaat dalam mengatasi gangguan kesuburan pria dan meningkatkan kualitas sperma.

Tribulus terrestris merupakan tanaman yang hidup di daerah beriklim tropisĀ seperti Eropa, Asia Selatan, Afrika, dan Australia.3 Tribulus terrestris telah lama digunakan oleh masyarakat China dan India sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai penyakit, seperti gangguan pada traktus urinarius, kardiovaskuler, dan gastrointestinal.4,5 Ekstrak Tribulus terrestris yaitu protodioscin, merupakan saponin yang dapat meningkatkan kadar hormon testosteron, luteinizing hormone (LH), dehydroepiandrosterone (DHEA), dihydrotestosterone (DHT) dan dehydroepiandrosterone sulphate. 6-8 Hormon testosteron merupakan hormon steroid yang diproduksi di testis dan berfungsi untuk perkembangan karakteristik seks sekunder pria seperti pertumbuhan rambut di wajah dan badan, pertumbuhan otot, dan produksi sperma.

Apakah tribulusĀ terrestris benar-benar memiliki pengaruh terhadap kualitas sperma? silahkan baca selengkapnya Jurnal e-Biomedik (eBm), Volume 3, Nomor 2, Mei-Agustus 2015 PENGARUH JAMU DENGAN Tribulus terrestris TERHADAP KUALITAS SPERMA TIKUS WISTAR JANTAN (Rattus norvegicus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *